Indonesia, Pecinta Alam

Hanging Out Before Last Practice (Gede Mount)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saya memiliki sebuah rencana untuk naik gunung sebelum naik kapal untuk praktek akhir (sebuah program dari kampus). Rencana ini sudah sejak lama saya susun. Akhirnya pada suatu saat (ba’da isya Kamis 26 September 2013), seorang teman mengatakan, “eh besok Sabtu kak Andri (alumni angkatan 34 STP), kalian kalau mau ikut jam 6 pagi sudah siap di cibodas”. serentak saya kaget dan saya hanya berkata, “oke, kami ikut”.mulailah saya ajak beberapa teman yang biasa naik gunung. ternyata tak banyak, yang bisa hanya sekitar 7 (itupun di tenda umpek-umpekan hehe ^^). dengan persiapan yang serba mendadak akhirnya saya Fadli Muhamad Akbar Sa’un, Affan Iqbal Zahirri, Esa Hendara Subiakto, I Gede Oka Dyatyana, Muhammad Habib, dan Rahmat Juanda, berangkat menuju ke Cibodas sekitar pukul 19.30 menuju ke pasar rebo untuk melengkapi pebekalan, seperti mie, beras, kopi, gula, snack, dll. setelah selesai membeli di Lotte Mart tak lama mobil ke cianjur tiba dan kami menuju ke Cibodas pukul 21. 30 (28 September 2013), biaya bis (Rp 20 000 September 2013). perjalanan alhamdulillah normal dan di tempuh 2 jam 30 menit (150 menit). kami tiba di cibodas sekitar pukul 11.00. lalu kami istirahat hingga pagi.

Tiba pukul 4.00 ( 29 September 2013) bangun untuk sholat subuh di sebuah musholla di kantor TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Airnya sangat dingin,,suhu di sana sekitar 10 derajat.  Sekitar jam 6.30 tiba lah kak Andri dan temanya, serta di temandi oleh pak Gandi seorang rangger gunung gede pangrango. Kami masih nunggu tamu kak Andri ada 6 orang (4 cowo dan 2 cewe cina, sipit putih, dan pendaki pemula). pukul 7 mereka tiba, istirahat sebentar, dan 7.30 start mendaki.

Tas carrier, sepatu tracking, pendaki lain, sapaan, kicau burung, gemercik air, sejuknya udara pegunungan mearnai hari itu, maklum sabtu minggu, yaa banyaklah pendaki . Saaat pejalanan kami bertemu, seorang ibu berumur 56 tahun, beliau berkebangsaan Korea, dan sudah 20 tahun tinggal di Indonesia, tepatnya di Cibubur. jadi sudah lancar dia berbahasa Indonesia.  mrs. Kang nama nya. beliau kaget kalau bita bisa bahasa Korea ( secara kita di kampus sedang belajar bahasa Korea hehe), ketika saya bertanya “nam itu selatan ya bu?” ibu itu menjawab, “bisa bahasa Korea kah?). mrs. Kang rutin setiap sabtu berjalan di gunung gede, walau hanya sampai air terjun, tetapi beliau masih sangar sehar dan bugar. tak lama kami mengobrol tibalah di pos 1, sebuah persimpangan ke jalur pendakian gede pangrango atau ke air terjun, dan kami pun berpisah.

Kami menuju ke jalur pendakian dan mrs. Kang ke air terjun. ramai nian pendaki saat itu, tua muda, wanita pria, berpadu, bahkan ada yang membawa anaknya yang masih berumur 2 tahun. lelah, keringat, sejuk berpadu, tapi semua itu happy. kalau lelah kami brhenti sejenak untuk minum. tak lama kami pun tiba di air panas, dengan jalan yang sangat licin yang ialiri air dengan suhu sekitar 80 derajat celcius ( bisa masak mie tuuuh hehe).

sekitar 15 menita kami istirahat di air panan dan melanjutkan untuk ke kandang batu, terus ke kandang badak (tempat ngecamp membangung tenda). 4 jam perjalanan berlalu pukul 11.30 kami tiba dan membangun tenda, serta masak untuk makan siang. setelah iyu kami sholat dzuhurdi jamak dengan ashar, selesai sholat kami istirahat hingga sore, pukul 16.00 kami bangun, dan mengambil air untuk masak (maklum di gunung lapar terus hehe dingin sih).

Mie, Sarden, dan Nasi itulah makanan kami, sambil di selingi oleh snack. Kopi, teh, itulah minumannya,,,biar hangat hehe. pukul 17.30 kami selesai, membersihkan dan merapikan tenda derta bekas masak. sambil menunggu maghrib kami bercerita tentang perjalanan tadi yang cukup melelahkan ^^. Maghrib tiba kamipun shola dijamak dengan isya, selesai sholat kami istirahat hinnga pagi, mempersiapkan tenaga untuk melanjutkan pendakian ke Puncak gede 2.958 m. dpl (http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Gede).

Pukul 3.30 kami bangun dan menuju ke puncak, suhu sekitar 5 derajat, jadi dingin banget. pukul 5 kami tiba di puncak untuk menyaksikan sunrise/matahari terbit. sungguh a beautiful view, amazing, and subhanallah. keren. kami berfoto ria di atas sekitar 2 jam ^^, dan pukul 7 kami turun ke camp untuk makan,,hehe lapaaar. pukul 12.00 kami turun ke cibodas,  pada saat perjalanan pulang satu dari tamu wanita kak Andri (Sany) cidera lutut, maklum pemula, jadi harus bersusah payah untuk turun, sehingga pada saat turun ke cibodas membutuhkan usaha yang cukup melelahkan. kami tak tega dan akhirnya saya turun duluan dengan Rahmat untuk meminta pertolongan tandu oleh tim SAR (search and Rescue), dan akhirnya saya dan Rahmat, turun cepat, dari yang normal turun 3 jam kami tempuh 2 jam lebih, lelah dan cukup menyita tenaga. Setibanya di pos kami menyampaikan pada petugas tim SAR ada yang membutuhkan tandu, tetapi tak ada orang dan akhirnya saya sendirilah yang naik kembali untuk mambawakan tandu. mendaki lagi, bismillah, akhirnya saya naik lagi, dan pendaki lain menyapa “naik lagi bang?” “iya ini bawa tandu, di atas ada yang butuh.”

Pukul 16.30 ketika sedang berjalan pelan karena lelah,  ada satu orang petugas yang datang untuk menolong, “akhirnya..ada yang bantu jua” akhirnya saya istiraha sambil menjamak dzuhur dan ashar yang belum dilaksanakan, akhirnya selesai saya sholat, Sany dan kawan yang lain tiba sambil membopong Sany dengan sangat hati-hati. Pukul18.45 kami tiba di cibodas. dari yang semula 3 jam, menjadi 6 jam bahkan nyaris 7 jam perjalanan turun. sungguh pendakianyang berkesan, kesabaran, kesetiaan, dan kegengsian yang di uji. hehe.

istirahat, ganti baju, dan pukul 20.00 kami pulang dan tiba di Jakarta pukul 23.00. banyak sekali manfaat dari mendaki gunung, mensyukuri nikmat dan anugrah Allah bahwa kita itu kecil, dan Allah maha Agung dengan menciptakan Alam ini, teramat sangat disayangkan jika kita sia-siakan begitu saja.”  Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? ” Ar Rahman (55)-13

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s